• 3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


    RANCANGAN TINDAKAN

    Saya telah membuat rancangan tindakan untuk aksi nyata modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Adapun rancangan tersebut sebagai berikut:

    Latar Belakang 

    Rencana tindakan untuk aksi nyata ini didasari oleh masih perlu ditingkatkannya kemampuan murid dalam berkolaborasi dengan orang lain, bernalar kritis, dan percaya diri. Karena itu saya akan banyak menggunakan metode diskusi kelompok dan presentasi di kelas yang saya ajar. Selain itu saya juga akan tetap menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Adapun aset yang saya eksplorasi adalah aset manusia, yaitu murid.

    Tujuan

    Melalui kegiatan diskusi kelompok dan presentasi,

    1)   murid dapat meningkatkan kemampuan dalam berkolaborasi dengan orang lain;

    2)   murid dapat mengembangkan kemampuan dalam bernalar kritis;

    3)   murid dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika tampil di depan kelas;

    4)   murid memiliki kesempatan untuk menggali potensi diri seperti potensi dalam hal beretorika dan beretika dalam mengeluarkan pendapat.

    Tolak Ukur

    Indikator keberhasilan kegiatan diskusi kelompok dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya dapat  dilihat dari adanya perubahan perilaku murid yang menjadi lebih baik dari sebelumnya, antara lain: 1) murid bisa berkolaborasi dengan orang lain dengan baik; 2) murid memiliki kemampuan bernalar kritis; 3) terjadi peningkatan kepercayaan diri murid ketika tampil di depan kelas; dan 4) murid dapat menggali potensi yang ada di dalam dirinya.

    Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)

    Buat pertanyaan: Bagaimana cara meningkatkan kemampuan murid dalam berkolaborasi, bernalar kritis, dan percaya diri?

    Ambil pelajaran: Selama ini murid mau mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh guru termasuk saat mereka diminta untuk bekerja dalam kelompok.

    Gali mimpi: Murid dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berkolaborasi, bernalar kritis, dan percaya diri.

    Jabarkan rencana: Perencanaan dimulai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di dalamnya menggunakan banyak kegiatan diskusi kelompok dan presentasi.

    Atur eksekusi: Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan metode diskusi kelompok dan presentasi.

    Dukungan yang Dibutuhkan 

    Dukungan utama tentunya saya harapkan dari murid-murid saya. Saya berharap murid saya dapat selalu antusias dan bersamangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang saya berikan.

    AKSI NYATA


    Saya telah menerapkan metode diskusi kelompok dan presentasi di kelas yang saya ajar. Jumlah anggota kelompok disesuaikan dengan topik diskusi. Selama proses pembelajaran, saya mengamati murid satu persatu. Saya memperhatikan bagaimana mereka berinteraksi satu dengan yang lain. Setelah selesai mendiskusikan sebuah topik, saya meminta mereka untuk melakukan presentasi di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris. 



  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
A highly motivated learner