RANCANGAN TINDAKAN
Saya telah membuat rancangan tindakan untuk aksi nyata modul 3.2 tentang
pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Adapun rancangan tersebut sebagai
berikut:
Latar Belakang
Rencana tindakan untuk aksi
nyata ini didasari oleh masih perlu ditingkatkannya kemampuan murid dalam
berkolaborasi dengan orang lain, bernalar kritis, dan percaya diri. Karena itu
saya akan banyak menggunakan metode diskusi kelompok dan presentasi di kelas
yang saya ajar. Selain itu saya juga akan tetap menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi. Adapun aset yang saya eksplorasi adalah aset manusia, yaitu murid.
Tujuan
Melalui kegiatan diskusi
kelompok dan presentasi,
1)
murid dapat meningkatkan kemampuan dalam berkolaborasi
dengan orang lain;
2)
murid dapat mengembangkan kemampuan dalam bernalar
kritis;
3)
murid dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika
tampil di depan kelas;
4)
murid memiliki kesempatan
untuk menggali potensi diri seperti potensi dalam hal beretorika dan beretika
dalam mengeluarkan pendapat.
Tolak Ukur
Indikator keberhasilan
kegiatan diskusi kelompok dalam kegiatan pembelajaran di kelas saya dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku murid yang
menjadi lebih baik dari sebelumnya, antara lain: 1) murid bisa
berkolaborasi dengan orang lain dengan baik; 2) murid memiliki kemampuan bernalar
kritis; 3) terjadi peningkatan kepercayaan diri murid ketika tampil di depan
kelas; dan 4) murid dapat menggali potensi yang ada di dalam dirinya.
Linimasa tindakan yang akan
dilakukan (BAGJA)
Buat pertanyaan: Bagaimana cara meningkatkan kemampuan murid dalam berkolaborasi, bernalar kritis, dan percaya diri?
Ambil pelajaran: Selama ini murid mau mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh guru termasuk saat mereka diminta untuk bekerja dalam kelompok.
Gali mimpi: Murid dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berkolaborasi, bernalar kritis, dan percaya diri.
Jabarkan rencana: Perencanaan dimulai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di dalamnya menggunakan banyak kegiatan diskusi kelompok dan presentasi.
Atur eksekusi: Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan metode diskusi kelompok dan presentasi.
Dukungan utama tentunya saya harapkan dari murid-murid saya. Saya berharap murid saya dapat selalu antusias dan bersamangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang saya berikan.
AKSI NYATA
Saya telah menerapkan metode diskusi kelompok dan presentasi di kelas yang saya ajar. Jumlah anggota kelompok disesuaikan dengan topik diskusi. Selama proses pembelajaran, saya mengamati murid satu persatu. Saya memperhatikan bagaimana mereka berinteraksi satu dengan yang lain. Setelah selesai mendiskusikan sebuah topik, saya meminta mereka untuk melakukan presentasi di depan kelas dengan menggunakan bahasa Inggris.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar