• 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi – Visi Guru Penggerak


    Visi
    : Mewujudkan generasi masa depan dengan profil pelajar Pancasila.

    Berdasarkan visi saya di atas, saya akan membuat rencana perubahan dengan pendekatan inkuiri apresiatif (IA). Terdapat 5 tahapan utama inkuiri apresiatif yang dikenal dengan BAGJA yaitu:

    1.    Buat pertanyaan utama

    2.    Ambil pelajaran

    3.    Gali mimpi

    4.    Jabarkan rencana

    5.    Atur eksekusi


    PRAKARSA PERUBAHAN

    Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid

    TAHAPAN

    Pertanyaan

    Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

    Buat pertanyaan

    (Define)

    Apakah murid saya telah memiliki karakter dengan profil pelajar Pancasila?

    Melakukan pengamatan terhadap perilaku murid.

    Ambil pelajaran

    (Discover)

    Bagaimana gambaran murid yang memiliki profil pelajar Pancasila?

    (beriman & bertakwa

    kepada Tuhan YME

    dan berahlak mulia; berkebhinekaan global; gotong-royong; bernalar kritis; kreatif; mandiri)

    Menyosialisasikan tentang profil pelajar Pancasila kepada seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat baik melalui media komunikasi visual, audio visual ataupun secara langsung.

    Gali mimpi

    (Dream)

    -    Apakah proses pembelajaran yang saya lakukan dapat mendorong terwujudnya profil pelajar Pancasila?

    -    Apakah kegiatan kesiswaan di sekolah telah sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar Pancasila?

    -    Apakah kebijakan-kebijakan sekolah benar-benar berpihak pada murid dan mendorong terwujudnya profil pelajar Pancasila?

     

    -  Melakukan refleksi di setiap kali melakukan proses pembelajaran.

     

     

     -  Evaluasi terhadap kegiatan kesiswaan.

     

     

     -  Evaluasi visi dan misi sekolah.

    Jabarkan rencana

    (Desain)

    -    Apakah rencana pelaksanaan pembelajaran saya telah sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar Pancasila?

    -    Apakah rancangan kegiatan kesiswaan sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar Pancasila?

    -    Apakah telah dapat dipastikan bahwa visi dan misi sekolah telah benar-benar berpihak pada murid dan fokus pada pencapaian profil pelajar Pancasila.

    -     Merencanakan proses pembelajaran yang mengarah pada pencapaian visi mewujudkan profil pelajar Pancasila.

     

     

    -    Merancang kegiatan kesiswaan yang sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar Pancasila.

     

     

    -    Memastikan bahwa visi dan misi sekolah telah benar-benar berpihak pada murid dan fokus pada pencapaian profil pelajar Pancasila.

     

    Atur eksekusi

    (Deliver)

    -    Kapan semua rencana diimplementasikan?

    -    Siapa saja yang terlibat dalam rencana ini?

    -  Implementasi dari semua rencana akan dimulai pada awal tahun ajaran baru.

    -  Semua warga sekolah, orang tua, dan masyarakat harus terlibat aktif dalam pelaksanaan rencana.

    Rancangan dengan menggunakan pendekatan IA di atas diharapkan dapat benar-benar mewujudkan murid dengan profil pelajar Pancasila.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
A highly motivated learner