Visi: Mewujudkan generasi masa depan dengan profil pelajar Pancasila.
Berdasarkan visi saya di atas, saya
akan membuat rencana perubahan dengan pendekatan inkuiri apresiatif (IA). Terdapat 5 tahapan
utama inkuiri apresiatif yang dikenal dengan BAGJA yaitu:
1. Buat
pertanyaan utama
2. Ambil
pelajaran
3. Gali
mimpi
4. Jabarkan
rencana
5. Atur
eksekusi
PRAKARSA PERUBAHAN |
Strategi
Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
Buat pertanyaan (Define) |
Apakah murid saya telah
memiliki karakter dengan profil pelajar Pancasila? |
Melakukan pengamatan
terhadap perilaku murid. |
Ambil pelajaran (Discover) |
Bagaimana gambaran murid
yang memiliki profil pelajar Pancasila? (beriman & bertakwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia; berkebhinekaan
global; gotong-royong; bernalar kritis; kreatif; mandiri) |
Menyosialisasikan tentang
profil pelajar Pancasila kepada seluruh warga sekolah, orang tua, dan
masyarakat baik melalui media komunikasi visual, audio visual ataupun secara
langsung. |
Gali mimpi (Dream) |
-
Apakah
proses pembelajaran yang saya lakukan dapat mendorong terwujudnya profil
pelajar Pancasila? -
Apakah
kegiatan kesiswaan di sekolah telah sesuai dengan visi mewujudkan profil
pelajar Pancasila? -
Apakah
kebijakan-kebijakan sekolah benar-benar berpihak pada murid dan mendorong
terwujudnya profil pelajar Pancasila?
|
- Melakukan refleksi di
setiap kali melakukan proses pembelajaran.
- Evaluasi terhadap kegiatan kesiswaan.
- Evaluasi visi dan misi sekolah. |
Jabarkan rencana (Desain) |
-
Apakah
rencana pelaksanaan pembelajaran saya telah sesuai dengan visi mewujudkan
profil pelajar Pancasila? -
Apakah
rancangan kegiatan kesiswaan sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar
Pancasila? -
Apakah
telah dapat dipastikan bahwa visi dan misi sekolah telah benar-benar berpihak
pada murid dan fokus pada pencapaian profil pelajar Pancasila. |
-
Merencanakan
proses pembelajaran yang mengarah pada pencapaian visi mewujudkan profil
pelajar Pancasila.
- Merancang kegiatan kesiswaan yang sesuai dengan visi mewujudkan profil pelajar Pancasila.
-
Memastikan
bahwa visi dan misi sekolah telah benar-benar berpihak pada murid dan fokus pada
pencapaian profil pelajar Pancasila.
|
Atur eksekusi (Deliver) |
-
Kapan
semua rencana diimplementasikan? -
Siapa
saja yang terlibat dalam rencana ini? |
- Implementasi dari semua
rencana akan dimulai pada awal tahun ajaran baru. - Semua warga sekolah, orang
tua, dan masyarakat harus terlibat aktif dalam pelaksanaan rencana. |
Rancangan dengan menggunakan pendekatan IA di atas diharapkan dapat benar-benar mewujudkan murid dengan profil pelajar Pancasila.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar