• 1.3.a.10. Aksi Nyata - Visi Guru Penggerak



    Sebuah rencana perubahan hanya akan menjadi sekedar wacana manakala rencana itu tidak pernah direalisasikan. Dalam hal manajemen perubahan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif (IA) yang telah saya buat, pelaksanaannya sudah saya mulai dengan cara melakukan beberapa kegiatan yang mengarah pada pencapaian visi sesuai dengan apa yang telah tertuang dalam tabel rencana perubahan.

    Dalam upaya mencapai visi mewujudkan generasi masa depan dengan profil pelajar Pancasila, saya telah melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak di sekolah baik dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf tata usaha, dan murid.


    Pendampingan Individu 0 (Senin/24 Mei 2021)


    Pendampingan individu (PI) 1 (Jumat/11 Juni 2021)


    Pembahasan dengan kepala sekolah mengenahi program pendidikan guru penggerak dan manajemen perubahan menggunakan pendekatan IA telah saya lakukan terutama di saat pendampingan individu. Hingga saat ini, pendampingan individu telah dilakukan sebanyak dua kali, pertama pendampingan individu 0 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2021 (sebelum lokakarya 1) , dan yang kedua pendampingan individu 1 pada tanggal 11 Juni 2021 (sebelum lokakarya 2). Pada saat pendampingan individu saya beserta kepala sekolah dan pengajar praktik melakukan banyak diskusi terkait materi dan tugas-tugas yang saya dapatkan selama mengikuti program guru penggerak.

    Diskusi tentang filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara (Rabu, 23 Juni 2021)

    Selanjutnya sosialisasi mengenai visi dan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara telah saya sampaikan secara langsung kepada dewan guru di sekolah saya dalam acara Workshop Pembuatan Perangkat Pembelajaran yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juni 2021. Dalam kegiatan tersebut dewan guru tampak antusias dan terlibat aktif dalam diskusi. Dalam acara ini kami juga mendiskusikan tentang komunitas praktisi yang akan kami bentuk di sekolah kami, SMA negeri 5 Bandar Lampung.

    Selain itu, sebagai upaya sosialisasi secara lebih luas, saya telah mengomunikasikan kepada pimpinan sekolah berkenaan dengan pembuatan banner profil pelajar Pancasila. Pemasangan banner diharapkan dapat menjadi sarana pengingat bagi seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat tentang elemen profil pelajar Pancasila. Ada 6 elemen profil pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

    Berikutnya, masih ada rencana-rencana lain yang tetap akan saya implementasikan beserta seluruh pihak yang terkait, seperti pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada murid dan fokus ada pencapaian visi dan evaluasi seluruh kegiatan sekolah. Dengan dukungan dari semua pihak, manajemen perubahan yang telah dimulai mudah-mudahan benar-benar dapat menjadi sarana pencapaian visi mewujudkan generasi masa depan dengan profil pelajar Pancasila.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
A highly motivated learner