• 1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif


    Terdapat 5 tahapan utama inkuiri apresiatif yang dikenal dengan BAGJA yaitu
    Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi. Berikut ini saya akan mencoba menerapkan BAGJA dalam mengidentifikasi potensi murid-murid saya.


    PRAKARSA PERUBAHAN

    Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid

    TAHAPAN

    Pertanyaan

    Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

    Buat pertanyaan

    Apa yang diharapkan oleh murid dalam proses pembelajaran yang saya lakukan?

    Saya akan memberikan daftar pertanyaan tentang harapan murid terhadap proses pembelajaran yang akan saya lakukan.

    Ambil pelajaran

    Apakah murid-murid saya sudah mengungkapkan harapan-harapan mereka?

    Saya akan berdiskusi dengan murid tentang apa saja yang mereka harapkan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan.

    Gali mimpi

    Apakah murid antusias terhadap proses pembelajaran yang saya berikan?

    Saya akan melihat antusiasme murid-murid saya dalam belajar dari tugas-tugas yang mereka kerjakan.

    Jabarkan rencana

    Proses pembelajaran apa yang menurut murid-murid saya paling menarik dan membuat mereka semangat?

    Saya akan menyiapkan rencana pembelajaran dengan berbagai metode dan media pembelajaran.

    Atur eksekusi

    Kapan saya akan melaksanakan semua rencana ini?

    Saya akan menjalankan rencana ini dari awal tahun pelajaran baru.

    Dengan rancangan BAGJA ini saya berharap dapat menyajikan proses pembelajaran sesuai dengan harapan murid. Semoga murid saya bisa lebih semangat dan senang dalam belajar.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
A highly motivated learner