Menurut saya, hal menarik yang dapat saya tarik dari pembelajaran pada modul
ini antara lain mengenahi penerapan beberapa unsur dalam pembuatan program
sekolah yang berpihak pada murid. Unsur-unsur tersebut antara lain penggunaan 5
tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur
eksekusi), pemanfaatan 7 aset/modal utama (manusia, sosial, fisik, lingkungan/alam,
finansial, politik, agama dan budaya), penerapan analisis 5 risiko, dan
implementasi 12 pedoman MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning, Reporting).
Pemetaan sumber daya dan perencanaan program sekolah saling berkaitan
erat dimana dalam merencanakan program sekolah dengan berbasis aset, sumber
daya yang dimiliki oleh sekolah menjadi pusat perhatian utama. Dalam merencanakan
program sekolah, sebaiknya dieksplorasi terlebih dahulu mengenahi aset apa saja
yang dimiliki oleh sekolah.
Penggolongan aset dapat dilakukan dengan menggunakan teori Green dan Haines (2002) dalam buku mereka yang berjudul Asset Building and Community Development. Terdapat 7 jenis aset atau modal yang dapat diidentifikasi dan dijadikan sebagai modal dalam pembuatan sebuah program. 7 aset tersebut terdiri dari modal manusia, sosial, fisik, lingkungan/alam, finansial, politik, dan agama dan budaya. Selanjutnya, program disusun berdasarkan aset-aset yang sudah ada.
Adakah materi dalam modul
lain/paket modul lain yang berhubungan dengan materi dalam modul 3.3. ini?
Jabarkanlah jika ada.
Materi pada modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid memiliki kaitan erat dengan materi-materi pada modul sebelumnya. Dalam mengelola sebuah program sekolah berbasis aset, seorang pemimpin pembelajaran atau kepala sekolah harus dapat mengidentifikasi terlebih dahulu sumber daya apa saya yang dimiliki oleh sekolah. Identifikasi sumber daya ini telah dijabarkan pada modul 3.2 yang mengulas tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Selanjutnya, di dalam merancang program, seorang pemimpin harus dapat
mengajak serta seluruh elemen yang ada di sekolah untuk terlibat aktif dalam
menyukseskan program. Dalam upaya pengelolaan sumber daya ini, seorang pemimpin
terkadang harus bertemu dengan berbagai dilema sehingga membutuhkan kemampuan
dalam pengambilan keputusan. Bagaimana cara mengambil keputusan secara tepat
telah dipaparkan pada modul 3.1 mengenahi pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran.
Selain terkait dengan materi pada modul 3.1 dan 3.2, materi pada modul
3.3 ini juga merupakan implementasi dari berbagai materi yang ada pada modul 1 dan
modul 2 yang semuanya mengarahkan seorang pemimpin pembelajaran untuk
menerapkan berbagai program yang berpihak pada murid. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa materi pada modul 1 hingga modul 3 saling berurut dan terkait satu dengan
yang lain.
Bagaimana kaitan dari
semua materi tersebut dengan peran Anda sebagai guru penggerak?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar