Sabtu/16 Oktober 2021
Hari Senin dan Selasa (11-12 Oktober 2021) adalah masa pengerjaan demonstrasi
kontekstual modul 3.3. Tugas demonstrasi kontekstual modul 3.3 yaitu merancang
sebuah program sekolah dengan menggunakan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil
pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi). Program yang dibuat
harus menggambarkan keseluruhan aspek dari MELR (Monitoring, Evaluation, Learning,
Reporting) dan melibatkan orang tua/masyarakat/komunitas lain di luar sekolah.
Pada hari berikutnya (Rabu/13 Oktober 2021) saya mengikuti kegiatan pendampingan individu (PI 5). Seperti biasa, pengajar praktik datang ke sekolah saya untuk melakukan proses monitoring dan pendampingan. Setelah itu, pada pukul 13.00-14.30 WIB saya mengikuti pertemuan tatap maya sesi elaborasi pemahaman modul 3.3 melalui google meet. Minggu ini adalah minggu terakhir pelaksanaan elaborasi pemahaman.
Pada
malam harinya, saya langsung melanjutkan penulisan refleksi terbimbing dan
koneksi antar materi sehingga pada hari berikutnya (Kamis-Jumat/14-15 Oktober
2021) saya banyak mempersiapkan diri untuk melaksanakan aksi nyata modul 3.3.
Pada aksi nyata yang terakhir ini, saya harus menerapkan program yang telah
saya buat pada sesi demonstrasi kontekstual.
Hari
Sabtu (16 Oktober 2021) adalah hari yang paling saya tunggu karena pada hari
itu ada kegiatan lokakarya 6 di Swiss-belhotel Lampung. Dalam kegiatan lokakarya
6 saya dapat bertemu dan berdiskusi dengan rekan-rekan sesama CGP dan PP secara
langsung. Setelah kegiatan lokakarya 6 selesai, saya langsung mengerjakan soal
post test modul 3. Alhamdulillah saya mendapatkan nilai yang memuaskan, yaitu 93.33.
Dari 15 soal, saya hanya dapat menjawab 14 soal dengan benar.
Seperti
minggu-minggu sebelumnya, pada minggu ini perasaan saya juga selalu diliputi
rasa syukur dan bahagia. Saya bersyukur karena dapat mengikuti proses
pendidikan guru penggerak (PGP) dengan lancar. Dari modul 1 hingga 3, akhirnya
saya tiba di penghujung modul 3.3.
Setelah
mendapatkan materi pada modul 3.3, tentunya wawasan saya tentang pembuatan
program sekolah semakin bertambah. Sebenarnya dari ketika saya masih menjadi
murid, saya sudah sering merancang program kerja. Namun materi pada modul 3.3
tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid benar-benar memperkaya
pengetahuan saya terutama dalam penerapan tahapan BAGJA, MELR, dan manajemen
risiko.
Ilmu yang telah saya dapatkan sudah pasti sangat bermanfaat bagi saya. Saya akan menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan di sekolah atau di komunitas tempat saya mengabdi dan berkarya.
Catatan:
Refleksi ini saya tulis dengan menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar