Podcast NGOBAR 5
Podcast NGOBAR 5
Nama Program |
Tujuan |
Sasaran |
Tempat |
Waktu |
Aset |
Keterangan |
Podcast NGOBAR 5 |
Meningkatkan kompetensi
kepemimpinan murid dengan menjadi narasumber podcast. |
Murid SMA Negeri 5 Bandar
Lampung dan masyarakat umum. |
Studio Radio G5 dan
disiarkan melalui berbagai media sosial (kanal youtube, spotify,
instagram, whatsapp) |
1 kali dalam sebulan |
Modal manusia (seluruh
warga sekolah dan masyarakat), modal fisik (studio radio G5), modal sosial
(media sosial dan pihak di luar sekolah yang mendukung program), modal
finansial (ketersediaan dana) |
Episode 1: Narasumber: Ketua Umum OSIS
SMA Negeri 5 Bandar Lampung Topik: Profil Pelajar
Pancasila |
TAHAPAN BAGJA
Tahapan
BAGJA |
Hasil
Tahapan |
Buat Pertanyaan |
Bagaimana cara meningkatkan
kompetensi kepemimpinan murid? |
Ambil Pelajaran |
-
Banyak
murid SMA Negeri 5 Bandar Lampung yang memiliki potensi kepemimpinan. -
Murid
semangat dalam kegiatan pengembangan diri. |
Gali Mimpi |
-
Dengan menjadi narasumber Podcast
NGOBAR 5, potensi kepemimpinan murid akan semakin tergali. |
Jabarkan Rencana |
Rencana Program: - Program ini dapat berjalan
dengan
baik dengan
keterlibatan semua
komunitas sekolah, seperti
kepala
sekolah sebagai
penanggung jawab, guru sebagai pengarah dan murid
sebagai panitia
pelaksana. Murid yang
menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan
untuk merancang kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah.
Kegiatan ini dapat
melibatkan komunitas lain di luar sekolah, yaitu orang
tua dan masyarakat luas. - Monitor dilakukan oleh
murid kepada murid dan
untuk murid
sendiri. Evaluasi melibatkan guru,
kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah |
Atur Eksekusi |
Panitia/Kru Penanggung jawab dan
mekanisme koordinasi antar tim: Penanggung Jawab
Kegiatan: Kepala
sekolah Pengarah: Wakil kepala sekolah dan guru Narasumber: Murid 1 Host: Murid 2 Kameramen: Murid 3, 4 Lighting Officer: Murid
5, 6 Editor: Murid
7, 8 Publikasi
dan Dokumentasi: Murid 9, 10 Laporan dibuat oleh ketua
panitia/kru. Koordinasi dilakukan dengan diadakannya rapat kru. Hasil rapat dilaporkan kepada guru sebagai pengarah acara.
Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat
koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
KERANGKA MONITORING, EVALUASI, DAN
PEMBELAJARAN
A. Pertanyaan Kunci
Pertanyaan kunci evaluasi program |
Seberapa
besar tingkat keberhasilan pelaksanaan
program ini? |
B. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan
Pemilihan |
Pertanyaan
Utama Monitoring |
Bagaimana jalannya kegiatan Podcast NGOBAR 5? |
Agar kegiatan berjalan dengan baik, panitia pelaksana harus
bekerja sesuai dengan arahan. |
Bagaimana antusiasme murid dalam mengikuti kegiatan Podcast
NGOBAR 5? |
C. Metode Penggalian Data
Pertanyaan Monitoring |
Sumber
Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
Apakah murid yang menjadi narasumber menjalankan perannya dengan
baik? |
Murid |
Observasi |
Saat kegiatan sedang berlangsung |
D. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data yang Terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan khusus,
pengecualian, dan lain-lain |
Bagaimana pembagian peran dalam kepanitiaan? Apakah setiap murid
yang berada di dalam kepanitiaan telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan
deskripsi tugas masing-masing? |
Panitia berkoordinasi dengan baik dan menjalankan tugas sesuai
dengan deskripsi tugas masing-masing. |
Kegiatan Podcast NGOBAR 5 berjalan dengan baik. |
|
E. Pembelajaran Program
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor Penghambat
Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Panitia bekerja dengan baik. |
Tidak ditemukan hambatan yang berarti karena seluruh warga
sekolah dan masyarakat dapat mengakses kegiatan Podcast NGOBAR 5 dari
berbagai media (kanal youtube OSIS SMA Negeri 5 Bandar Lampung, spotify,
instagram, dan whatsapp) |
Perlu adanya kerjasama semua pihak agar semua warga sekolah dapat
menyimak kegiatan Podcast NGOBAR 5. |
F. Pelaporan Program
LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM |
Gambaran Umum Program: Program Podcast NGOBAR 5 dilaksanakan sebagai upaya untuk
meningkatkan kompetensi kepemimpinan murid. Kegiatan dilaksanakan melalui
proses perekaman di studio sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar murid. |
Deskripsi Pelaksanaan
Program: -
Waktu
Pelaksanaan:
1 kali dalam sebulan - Strategi Pelaksanaan
Program Panitia menggunakan berbagai platform
media sosial sebagai sarana publikasi. - Faktor Pendukung dan
Penghambat Program Faktor pendukung: Dukungan dari semua warga
sekolah, orang tua dan masyarakat; fasilitas (studi radi G5 SMA Negeri 5
Bandar Lampung); media sosial; dan ketersediaan dana (finansial). Faktor penghambat: Tidak ada faktor penghambat
yang berarti - Hasil Pelaksanaan Program: Murid dapat meningkatkan
kompetensi kepemimpinan melalui kegiatan Podcast NGOBAR 5. |
Evaluasi Program: Program sangat bermanfaat
bagi murid. Murid merasa senang dalam melaksanakan kegiatan Podcast NGOBAR
5. |
Pembelajaran Program: -
Panitia
harus bekerja secara terorganisir. -
Kegiatan
harus melibatkan seluruh warga sekolah dan diketahui oleh orang tua dan masyarakat
secara luas. -
Informasi
tentang pelaksanaan program harus dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak
yang menjadi sasaran program. Panitia dapat menggunakan berbagai platform
media sosial dalam memublikasikan program yang akan dilaksanakan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar