Sabtu/9 Oktober 2021
Pada hari Senin-Selasa (4-5 oktober 2021), saya masih melanjutkan pengerjaan modul 3.3.a.4. Eksplorasi Konsep. Pada sesi eksplorasi konsep, saya menemukan banyak inspirasi, salah satunya dari tayangan video tentang kepala sekolah inovatif. Seorang kepala sekolah haruslah seorang pemikir yang dapat memetakan berbagai aset yang ada di sekolahnya dan mampu mengajak seluruh warga sekolah untuk merumuskan visi, misi, dan program sekolah yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid. Berikutnya, di sesi eksplorasi konsep, saya juga mendapatkan wawasan baru tentang strategi pengelolaan program yaitu MELR (Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting) dan manajemen risiko.
Di
hari Rabu/6 Oktober 2021, saya mengikuti pertemuan tatap maya modul 3.3.a.5.
Ruang Kolaborasi melalui google meet. Pada pertemuan tatap maya ini kami
dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok ini sama dengan kelompok pada sesi ruang
kolaborasi modul 3.2. Hal itu karena modul 3.2 dan 3.3 saling berkaitan erat
yaitu merancang program berbasis aset.
Selanjutnya hari Kamis/7 Oktober 2021 merupakan hari kedua pertemuan tatap maya pada sesi ruang kolaborasi. Namun, sesuai kesepakatan bersama, pertemuan diundur ke hari Jumat/8 Oktober 2021 pukul 13.30 WIB. Oleh sebab itu di hari kamis, saya dan rekan sekelompok saya mempersiapkan hasil diskusi kelompok tentang perumusan program yang berpihak pada murid dengan menggunakan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi).
Hari
berikutnya (Jumat/8 Oktober 2021), saya mengikuti kegiatan presentasi pada sesi
ruang kolaborasi melalui google meet. Dalam pertemuan tatap maya ini
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing. Saya
berada di kelompok 1. Kelompok 1 merancang program pengolahan sampah plastik,
kelompok 2 membuat program seminar tentang kesehatan mental remaja, sedangkan
kelompok 3 merancang program wisata. Berbagai pertanyaan yang masuk langsung
saya tuliskan di power point beserta jawabannya. Setelah itu, file power
point yang sudah dipresentasikan langsung saya unggah di LMS.
Pada
malam harinya saya langsung menulis refleksi terbimbing modul 3.3.a.6 dan jurnal
refleksi mingguan karena sesaat lagi hari telah bergeser ke hari sabtu dimana
hari sabtu merupakan hari penulisan jurnal refleksi mingguan. Alhamdulillah
refleksi terbimbing selesai saya kerjakan dan langsung saya unggah di LMS.
Demikian pula dengan jurnal refleksi mingguan. Refleksi terbimbing maupun jurnal
refleksi mingguan saya publikasikan pula melalui blog pribadi saya: suesierfina.blogspot.com.
Perasaan
saya di minggu ini tentu saja sama dengan perasaan saya di minggu-minggu
sebelumnya yaitu selalu merasa bersyukur dan bahagia. Saya bersyukur karena
dapat menunaikan berbagi tugas pada minggu ini dengan lancar. Meskipun saya
harus banyak lembur pada malam hari demi mengerjakan tugas, namun hati saya
tetap bahagia.
Ada
banyak hal positif yang saya rasakan setelah saya tiba di penghujung modul ini.
Saya jadi lebih bersemangat untuk terus mengembangkan diri dan orang lain. Ada
energi positif yang mengalir pada diri saya yang membuat saya ingin terus
bergerak maju.
Dalam
memahami materi dan mengerjakan tugas-tugas tidak ada kendala. Saya hanya
merasakan tantangan untuk bisa selalu mengelola diri sehingga saya bisa
mengatur kesibukan saya baik di sekolah, di rumah, maupun dalam menuntaskan
tugas-tugas program Pendidikan Guru Penggerak (PGP).
Dari
materi yang ada di LMS, hasil diskusi dengan sesama CGP, dan paparan materi fasilitator
pada ruang kolaborasi, saya mendapatkan beberapa ide terkait dengan pengelolaan
program yang berdampak pada murid. Saya berharap kelak saya dapat menerapkan
ide-ide saya tersebut dan mampu membuat perubahan di bidang pendidikan.
Pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa materi pada modul 3.3 sangat bermanfaat. Materi pada modul ini memperkuat pengetahuan saya dalam merancang sebuah program. Sebentar lagi seluruh tugas PGP di LMS akan segera selesai. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan saya kemudahan dan kelancaran dalam menuntaskan berbagi tugas.
Catatan:
Refleksi ini saya tulis dengan menggunakan model Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar