PROGRAM KERJA OSIS SMA NEGERI 5 BANDAR
LAMPUNG
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022
PROGRAM 1
Nama
Program |
Tujuan |
Sasaran |
Tempat |
Waktu |
Aset |
Podcast
NGOBAR 5 |
Meningkatkan
kompetensi kepemimpinan murid dengan menjadi narasumber podcast. |
Murid
SMA Negeri 5 Bandar Lampung dan masyarakat umum. |
Studio
Radio G5 dan disiarkan melalui berbagai media sosial (kanal youtube, spotify,
instagram, whatsapp) |
1
kali dalam sebulan
|
Modal
manusia, modal fisik, modal sosial, modal finansial |
TAHAPAN BAGJA
Tahapan BAGJA |
Hasil Tahapan
|
Buat
Pertanyaan |
Bagaimana
cara meningkatkan kompetensi kepemimpinan murid? |
Ambil
Pelajaran |
-
Banyak murid SMA Negeri 5 Bandar
Lampung yang memiliki potensi kepemimpinan. -
Murid semangat dalam kegiatan
pengembangan diri. |
Gali Mimpi |
-
Dengan
menjadi narasumber Podcast NGOBAR 5, potensi kepemimpinan murid akan
semakin tergali. |
Jabarkan
Rencana |
Rencana Program: - Program ini dapat berjalan
dengan
baik dengan
keterlibatan semua
komunitas sekolah, seperti
kepala
sekolah sebagai
penanggung jawab, guru sebagai pengarah dan murid
sebagai panitia
pelaksana. Murid yang
menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan
untuk merancang kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah.
Kegiatan ini dapat
melibatkan komunitas lain di luar sekolah, yaitu orang
tua dan masyarakat luas. - Monitor dilakukan oleh murid
kepada
murid dan untuk
murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru,
kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah |
Atur
Eksekusi |
Penanggung jawab dan
mekanisme koordinasi antar tim:
Penanggung Jawab
Kegiatan: Kepala
sekolah Pengarah: Wakil kepala sekolah dan guru Ketua Panitia: Murid 1 Sekretaris: Murid 2 Bendahara: Murid 3 Seksi Acara: Murid 4, 5 Seksi Perlengkapan: Murid 6 Seksi Konsumsi: Murid 7 Seksi Publikasi dan Dokumentasi:
Murid 8, 9, 10
Laporan dibuat oleh ketua
panitia pelaksana. Koordinasi dilakukan dengan
diadakannya rapat koordinasi panitia.
Hasil rapat dilaporkan kepada
guru sebagai pengarah
acara. Evaluasi dapat
dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
KERANGKA
MONITORING, EVALUASI, DAN PEMBELAJARAN
A.
Pertanyaan Kunci
Pertanyaan kunci evaluasi program |
Seberapa besar
tingkat keberhasilan pelaksanaan program ini? |
B. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
Bagaimana jalannya kegiatan Podcast
NGOBAR 5? |
Agar kegiatan berjalan dengan baik,
panitia pelaksana harus bekerja sesuai dengan arahan. |
Bagaimana antusiasme murid dalam
mengikuti kegiatan Podcast NGOBAR 5? |
C. Metode Penggalian Data
Pertanyaan
Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
Apakah murid yang menjadi narasumber
menjalankan perannya dengan baik? |
Murid |
Observasi |
Saat kegiatan sedang berlangsung |
D. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data
yang Terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
khusus, pengecualian, dan lain-lain |
Bagaimana pembagian peran dalam
kepanitiaan? Apakah setiap murid yang berada di dalam kepanitiaan telah
melaksanakan tugasnya sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing? |
Panitia berkoordinasi dengan baik dan
menjalankan tugas sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing. |
Kegiatan Podcast NGOBAR 5 berjalan
dengan baik. |
|
E. Pembelajaran Program
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan
Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Panitia bekerja dengan baik. |
Tidak ditemukan hambatan yang berarti
karena seluruh warga sekolah dan masyarakat dapat mengakses kegiatan Podcast
NGOBAR 5 dari berbagai media (kanal youtube OSIS SMA Negeri 5 Bandar
Lampung, spotify, instagram, dan whatsapp) |
Perlu adanya kerjasama semua pihak agar
semua warga sekolah dapat menyimak kegiatan Podcast NGOBAR 5. |
F. Pelaporan Program
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM
|
Gambaran Umum Program: Program Podcast NGOBAR 5 dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan murid. Kegiatan dilaksanakan melalui proses perekaman di studio sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar murid. |
Deskripsi
Pelaksanaan Program: -
Waktu Pelaksanaan: 1
kali dalam sebulan - Strategi Pelaksanaan Program Panitia menggunakan
berbagai platform media sosial sebagai sarana publikasi.
- Faktor
Pendukung dan Penghambat Program
Faktor
pendukung:
Dukungan
dari semua warga sekolah, orang tua dan masyarakat; fasilitas (studi radi G5 SMA
Negeri 5 Bandar Lampung); media sosial; dan ketersediaan dana (finansial).
Faktor
penghambat: Tidak
ada faktor penghambat yang berarti
- Hasil
Pelaksanaan Program: Murid
dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan melalui kegiatan Podcast NGOBAR
5.
|
Evaluasi
Program: Program sangat bermanfaat bagi murid. Murid merasa senang mengikuti kegiatan Podcast NGOBAR 5. |
Pembelajaran Program: -
Panitia harus bekerja secara
terorganisir. -
Kegiatan harus melibatkan seluruh warga
sekolah dan diketahui oleh orang tua dan masyarakat secara luas. - Informasi tentang pelaksanaan program harus dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang menjadi sasaran program. Panitia dapat menggunakan berbagai platform media sosial dalam memublikasikan program yang akan dilaksanakan. |
PROGRAM 2
Nama
Program |
Tujuan |
Sasaran |
Tempat |
Waktu |
Komunitas yang diajak kerjasama |
Perekaman
e-KTP Pelajar |
Memudahkan
murid dalam mendapatkan dokumen kependudukan (e-KTP). |
Murid
SMA Negeri 5 Bandar Lampung yang telah berusia 17 tahun ke atas. |
Ruang
pertemuan SMA Negeri 5 Bandar Lampung |
Sabtu/16
Oktober 2021
|
Modal
sosial: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil Kota Bandar
Lampung) |
TAHAPAN BAGJA
Tahapan BAGJA |
Hasil Tahapan
|
Buat
Pertanyaan |
Bagaimana
cara memudahkan murid yang telah berusia 17 tahun ke atas untuk mendapatkan e-KTP? |
Ambil
Pelajaran |
-
Banyak murid SMA Negeri 5 Bandar
Lampung yang telah berusia 17 tahun ke atas. -
Murid membutuhkan waktu khusus jika
harus mengurus sendiri pembuatan e-KTP di kantor Disdukcapil sehingga murid
harus meninggalkan jam belajar di sekolah. |
Gali Mimpi |
-
Dengan
dimilikinya e-KTP, maka murid akan lebih mudah dalam menyelesaikan berbagai
dokumen penting lainnya, seperti pembuatan SIM dan rekening tabungan di bank. |
Jabarkan
Rencana |
Rencana Program: - Program ini dapat berjalan
dengan
baik dengan
keterlibatan semua
komunitas sekolah, seperti
kepala
sekolah sebagai
penanggung jawab, guru sebagai pengarah dan murid
sebagai panitia
pelaksana. Murid yang
menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan
untuk merancang kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah.
Kegiatan ini dapat
melibatkan komunitas lain di luar sekolah, yaitu
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. - Monitor dilakukan oleh murid
kepada
murid dan untuk
murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru,
kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah |
Atur
Eksekusi |
Penanggung jawab dan
mekanisme koordinasi antar tim:
Penanggung Jawab
Kegiatan: Kepala
sekolah Pengarah: Wakil kepala sekolah dan guru Ketua Panitia: Murid 1 Sekretaris: Murid 2 Bendahara: Murid 3 Seksi Acara: Murid
4, 5 Seksi Perlengkapan: Murid 6
Seksi Konsumsi: Murid 7 Seksi Publikasi dan Dokumentasi:
Murid 8, 9, 10
Laporan dibuat oleh ketua
panitia pelaksana. Koordinasi dilakukan dengan
diadakannya rapat koordinasi panitia.
Hasil rapat dilaporkan kepada
guru sebagai pengarah
acara. Evaluasi dapat
dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
KERANGKA
MONITORING, EVALUASI, DAN PEMBELAJARAN
A.
Pertanyaan Kunci
Pertanyaan kunci evaluasi program |
Seberapa besar
tingkat keberhasilan pelaksanaan program ini? |
B. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
Bagaimana jalannya kegiatan perekaman
e-KTP? |
Agar kegiatan berjalan dengan baik,
panitia pelaksana harus bekerja sesuai dengan arahan. |
Bagaimana antusiasme murid dalam
mengikuti kegiatan perekaman e-KTP? |
C. Metode Penggalian Data
Pertanyaan
Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
Apakah murid hadir dan mengikuti proses
perekaman e-KTP? |
Murid |
Observasi dan pendataan. |
Saat kegiatan sedang berlangsung |
D. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data
yang Terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
khusus, pengecualian, dan lain-lain |
Bagaimana pembagian peran dalam
kepanitiaan? Apakah setiap murid yang berada di dalam kepanitiaan telah
melaksanakan tugasnya sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing? |
Panitia berkoordinasi dengan baik dan
menjalankan tugas sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing. |
Kegiatan perekaman e-KTP berjalan
dengan baik. |
|
E. Pembelajaran Program
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Panitia bekerja dengan baik. |
Beberapa murid yang berusia 17 tahun ke
atas ada yang tidak hadir pada saat kegiatan perekaman e-KTP. |
Perlu adanya dorongan guru agar semua
murid memiliki kesadaran untuk memiliki e-KTP sebagai dokumen penting bagi
setiap warga negara Indonesia. |
F. Pelaporan Program
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM
|
Gambaran
Umum Program: Program Perekaman e-KTP di sekolah dilaksanakan sebagai upaya untuk memudahkan murid yang telah berusia 17 tahun ke atas. Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar murid. |
Deskripsi
Pelaksanaan Program: - Waktu Pelaksanaan: Sabtu/16 Oktober 2021 Pukul 08.00-12.00 WIB
- Strategi
Pelaksanaan Program Panitia
bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung.
- Faktor
Pendukung dan Penghambat Program
Faktor
pendukung:
Dukungan
dari semua warga sekolah, orang tua dan masyarakat; fasilitas (ruang rapat
SMA Negeri 5 Bandar Lampung); dan ketersediaan dana (finansial).
Faktor
penghambat: Beberapa
murid ada yang tidak hadir mengikuti proses perekaman e-KTP dengan berbagai
alasan.
- Hasil
Pelaksanaan Program: Murid
SMA Negeri 5 Bandar Lampung yang berusia 17 tahun ke atas mendapatkan e-KTP
dengan mudah. Perekaman e-KTP dilakukan di sekolah dan e-KTP yang telah
selesai dicetak juga diantarkan oleh pegawai Disdukcapil ke sekolah sehingga
murid tidak harus meninggalkan jam belajar di sekolah.
|
Evaluasi
Program: Program sangat bermanfaat bagi murid. Murid merasa senang mengikuti kegiatan perekaman e-KTP di sekolah. |
Pembelajaran Program: -
Panitia harus bekerja secara
terorganisir. -
Kegiatan harus melibatkan seluruh warga
sekolah dan diketahui oleh orang tua dan masyarakat secara luas. - Informasi tentang pelaksanaan program harus dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang menjadi sasaran program. Panitia dapat menggunakan berbagai platform media sosial dalam memublikasikan program yang akan dilaksanakan. |
PROGRAM 3
Nama Program |
Tujuan |
Sasaran |
Tempat |
Waktu |
Narasumber |
Podcast Pelajar Berpuisi |
Meningkatkan kompetensi literasi
murid di penulisan dan pembacaan puisi |
Murid SMA Negeri 5 Bandar Lampung
dan masyarakat umum |
Studio radio G5 dan live
streaming melalui kanal youtube SMA Negeri 5 Bandar Lampung |
Kamis/28 Oktober 2021 Pukul: 10.00-11.30 WIB |
Penyair Lampung |
TAHAPAN BAGJA
Tahapan
BAGJA |
Hasil
Tahapan |
Buat Pertanyaan |
Bagaimana cara meningkatkan
kompetensi literasi murid dalam bidang penulisan dan pembacaan puisi? |
Ambil Pelajaran |
-
Penulisan
dan pembacaan puisi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh
murid pada pelajaran Bahasa Indonesia. -
Banyak
murid yang menyukai puisi. -
Banyak
lomba menulis atau membaca puisi. -
Pembacaan
puisi sering ditampilkan di berbagai acara. |
Gali Mimpi |
-
Melalui
kecintaan pada dunia puisi, murid memiliki hati yang lembut, berbudi pekerti
luhur, dan halus dalam berbahasa. - Murid belajar tentang puisi dari praktisi puisi (penyair) terkenal di Provinsi Lampung. -
Murid
menguasai teknik penulisan dan pembacaan puisi dengan tepat. - Murid dapat mengikuti berbagai lomba menulis/membaca puisi dan berhasil menjadi juara. |
Jabarkan Rencana |
Rencana Program: - Program ini dapat berjalan
dengan
baik dengan
keterlibatan semua
komunitas sekolah, seperti
kepala
sekolah sebagai
penanggung jawab, guru sebagai pengarah dan murid
sebagai panitia
pelaksana. Murid yang
menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan
untuk merancang kegiatan dengan
petunjuk
dan arahan dari guru/kepala sekolah.
Kegiatan ini dapat
melibatkan masyarakat di sekitar sekolah
karena kegiatan dilaksanakan melalui radio komunitas sekolah (radio G5) dan
disiarkan secara live streaming melalui kanal youtube SMA
Negeri 5 Bandar Lampung. - Monitor dilakukan oleh
murid kepada murid dan
untuk murid
sendiri. Evaluasi melibatkan guru,
kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah |
Atur Eksekusi |
Penanggung jawab dan
mekanisme koordinasi antar tim: Penanggung Jawab Kegiatan: Kepala
sekolah Pengarah: Wakil kepala sekolah dan guru Ketua Panitia Pelaksana: Murid 1 Sekretaris:
Murid 2 Bendahara:
Murid 3 Seksi Acara: Murid 4, 5 Seksi Perlengkapan: Murid 6 Seksi Konsumsi: Murid 7 Seksi Publikasi dan Dokumentasi: Murid 8, 9, 10 Laporan dibuat oleh
ketua panitia pelaksana. Koordinasi dilakukan
dengan rapat setiap satu minggu sekali internal panitia. Hasil rapat internal
dilaporkan kepada
guru sebagai pengarah
acara. Evaluasi dapat
dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
Pertanyaan kunci evaluasi program |
Seberapa besar
tingkat keberhasilan pelaksanaan program ini? |
B. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
Bagaimana jalannya kegiatan Podcast
Pelajar Berpuisi? |
Agar kegiatan berjalan dengan baik, panitia
pelaksana harus bekerja sesuai dengan arahan. |
Bagaimana antusiasme murid dalam
mengikuti kegiatan Podcast Pelajar Berpuisi? |
C. Metode Penggalian Data
Pertanyaan
Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/Bagaimana |
Apakah murid menyimak Podcast Pelajar Berpuisi
dengan baik? |
Murid |
Observasi dan Penugasan |
Saat kegiatan sedang berlangsung |
D. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data
yang Terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
khusus, pengecualian, dan lain-lain |
Bagaimana pembagian peran dalam kepanitiaan?
Apakah setiap murid yang berada di dalam kepanitiaan telah melaksanakan
tugasnya sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing? |
Panitia berkoordinasi dengan baik dan
menjalankan tugas sesuai dengan deskripsi tugas masing-masing. |
Kegiatan Podcast Pelajar Berpuisi
berjalan dengan baik. |
|
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Panitia bekerja dengan baik. |
Beberapa murid yang tinggalnya jauh
dari sekolah ada yang terkendala dengan jaringan sehingga tidak dapat menyimak
siaran langsung (live streaming) radio maupun youtube. |
Murid yang memiliki kendala jaringan pada
saat siaran langsung dapat menyimak kembali kegiatan Podcast Pelajar Berpuisi
melalui kanal youtube SMA Negeri 5 Bandar Lampung. |
F. Pelaporan Program
LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM |
Gambaran Umum Program Program Podcast Pelajar Berpuisi merupakan program peningkatan kompetensi literasi murid di bidang penulisan dan pembacaan puisi. Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan momentum bulan bahasa (oktober). Panitia menghadirkan penyair terkenal di Provinsi Lampung untuk menjadi narasumber. |
Deskripsi Pelaksanaan Program -
Waktu Pelaksanaan: Kamis/28
Oktober 2021 Pukul 10.00-11.30 WIB - Strategi
Pelaksanaan Program Panitia bekerjasama
dengan komunitas penyair di Provinsi Lampung. - Faktor
Pendukung dan Penghambat Program Faktor
pendukung: Dukungan
dari semua warga sekolah, orang tua dan masyarakat; fasilitas (studio radio
G5 dan kanal youtube SMA Negeri 5 Bandar Lampung); dan ketersediaan
dana (finansial). Faktor
penghambat: Siaran
radio G5 secara langsung dapat didengarkan hingga radius sekitar 2 kilometer.
Jika jarak rumah murid lebih dari 2 kilometer, maka murid tersebut dapat
menggunakan layanan live streaming. Namun, murid yang tidak memiliki
kuota atau terkendala dengan jaringan internet, tentu saja tidak dapat
mengikuti siaran langsung (live streaming) baik melalui radio G5
maupun kanal youtube. Sebagai solusinya, murid yang memiliki kendala
di atas dapat tetap menyimak rekaman Podcast Pelajar Berpuisi di kanal youtube
SMA Negeri 5 Bandar Lampung. - Hasil
Pelaksanaan Program: Terjadi
peningkatan kompetensi literasi murid di bidang penulisan dan pembacaan puisi.
Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya produk yang dihasilkan oleh murid
karena pada saat selesai kegiatan podcast, murid diminta untuk membuat
ringkasan materi dan menulis sebuah puisi. |
Evaluasi
Program: Program sangat bermanfaat bagi murid. Murid merasa senang mengikuti kegiatan Podcast Pelajar Berpuisi. |
Pembelajaran
Program: - Panitia harus bekerja secara terorganisir. -
Kegiatan harus melibatkan seluruh warga
sekolah dan diketahui oleh orang tua atau masyarakat secara luas. -
Informasi tentang pelaksanaan program
harus dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang menjadi sasaran
program. Panitia dapat menggunakan berbagai platform media sosial dalam
memublikasikan program yang akan dilaksanakan. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar