RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODA DARING
Tahun Pelajaran
2021/2022
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 5 Bandar
Lampung
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Inggris
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tema : Expressing
Obligation
Sub
Tema : should +
(simple), should + (continuous), should + (perfect)
Pembelajaran
ke : 6 (enam)
Alokasi
Waktu : 90 menit
Kompetensi
Dasar (KD)
3.2.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should + (simple), should + (continuous), should +
(perfect))
4.2. Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mendapatkan materi pembelajaran, 1)
murid dapat
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks keharusan
melakukan suatu tindakan (expressing obligation) dengan benar; 2)
murid dapat
menerapkan penggunaan should + (simple), should + (continuous), should +
(perfect) di dalam teks keharusan melakukan suatu tindakan (expressing
obligation) dengan tepat; 3)
murid dapat
menyusun teks keharusan melakukan suatu tindakan (expressing obligation)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks. |
Pemetaan
Kebutuhan Murid Berdasarkan Profil Belajar Murid
Profil Belajar Murid | Visual | Auditori | Kinestetik |
Nama Murid |
|
|
|
Produk | Murid dapat mendemonstrasikan karya tentang keharusan melakukan suatu tindakan (expressing obligation) dalam berbagai media baik manual maupun digital. Mereka juga dapat menuangkan ide dalam bentuk tulisan bergambar seperti komik atau dalam bentuk audio visual. | ||
Proses | Guru menyajikan contoh percakapan di layar slide | Guru memperdengarkan percakapan. | Guru mengajak murid berjalan di sekitar rumah lalu mengambil inspirasi dari apa yang dilihat dan mengaitkannya dengan keharusan melakukan suatu tindakan. |
Sebelum proses pembelajaran, guru memberikan tes gaya belajar murid yang dibagikan melalui google classroom. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE MEET DAN GOOGLE CLASSROOM
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan |
- Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran dengan menyapa, berdo’a bersama, memperkenalkan diri dan
mengecek daftar hadir siswa. - Guru
memberi motivasi belajar kepada peserta didik. - Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari. - Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. - Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. |
10 menit |
PSE |
Sebelum
berlanjut ke kegiatan inti pembelajaran, guru mengajak murid untuk melakukan
latihan kesadaran penuh (mindfulness). Guru memandu murid melakukan latihan
kesadaran penuh dengan menggunakan teknik STOP. Setelah melakukan latihan
kesadaran penuh, guru bertanya tentang apa yang dirasakan oleh murid. |
10
menit |
Inti |
Presentasi dan diskusi - Guru share
screen untuk menayangkan sebuah contoh teks keharusan melakukan suatu
tindakan. - Guru meminta dua
murid untuk membaca teks yang ada di layar presentasi sedangkan murid yang
lainnya menyimak. - Guru menyediakan
papan tulis virtual (google jamboard). Guru mengajukan pertanyaan mengenahi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan berdasarkan teks. Murid dapat
langsung menjawab di papan tulis virtual. - Guru dan murid
membahas jawaban lalu membuat kesimpulan. |
10
menit |
Latihan
dan Diskusi Guru
memberi soal latihan penggunaan should + (simple), should + (continuous),
should + (perfect) lalu membahas jawabannya bersama murid. |
15
menit |
|
Kolaborasi
dalam Karya Guru
membagi murid untuk bekerja secara berpasangan membuat teks keharusan
melakukan suatu tindakan. Pembagian pasangan berdasarkan gaya belajar murid,
contoh: murid bergaya belajar visual berpasangan dengan murid yang juga
bergaya belajar visual. |
30
menit |
|
PSE |
Guru
meminta murid untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang
menurut mereka berjasa dan menuliskannya di tautan padlet. Setelah itu guru
meminta beberapa murid untuk menceritakan perasaan mereka setelah
mengungkapkan rasa terima kasih. |
5
menit |
Penutup |
- Guru
dan peserta didik melakukan refleksi terkait kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan. - Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. - Guru
memberikan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas. - Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. |
10
menit |
B. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian
Sikap
Teknik :
Observasi dan penilaian diri
Instrumen: Lembar observasi dan penilaian diri
2. Penilaian
Pengetahuan
Teknik : Tes
tertulis
Instrumen: Soal pilihan ganda.
3. Penilaian
Keterampilan
Teknik: Tes Tertulis
Instrumen: Membuat dialog
Mengetahui,
Bandar
Lampung, 12 Juli 2021
Kepala
SMAN 5 Bandar Lampung Guru
Mata Pelajaran
Dra.
Hj. HAYATI NUFUS, M.Pd. SUESI
ERFINA, S.Pd., M.Pd.
NIP 19680708 199412 2 001 NIP 19800824 200902 2 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar