• KONEKSI ANTARMATERI - - NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK


    1.   
    Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

    Di dalam proses mewujudkan profil pelajar Pancasila, terdapat lima nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Selain mempunyai lima nilai tersebut, seorang guru penggerak harus dapat memainkan perannya dengan baik. Peran guru penggerak terdiri dari menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktis, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid.

     

    2.    Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

    Nilai dan peran guru penggerak memiliki keterkaitan erat dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa tujuan dari pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

    Seorang guru memiliki peran penting di dalam mendidik dan membimbing murid agar dapat berfikir merdeka dan mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Proses pendidikan yang sesuai dengan konsep merdeka belajar di bawah arahan yang benar diharapkan mampu membentuk profil pelajar Pancasila. Ada 6 (enam) dimensi profil pelajar Pancasila yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; dan 6) Kreatif. Enam dimensi ini harus dimiliki oleh murid secara utuh dan dalam satu kesatuan.

     

    3.    Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?

    Berdasarkan hasil refleksi terbimbing dan demonstrasi kontekstual, saya mengetahui bahwa sebenarnya saya telah memiliki lima nilai guru penggerak yang terdiri dari mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak kepada murid hanya saja pada pelaksanaannya belum optimal. Cara mengoptimalkan nilai yang ada di dalam diri saya adalah dengan tidak berhenti belajar dan tidak mudah berpuas diri. Sebagai contoh, nilai yang masih kurang di dalam diri saya adalah inovatif. Dengan mengetahui bahwa saya masih kurang inovatif, maka saya harus selalu berpikir dan melakukan aksi nyata dalam bentuk inovasi-inovasi dalam hal pembelajaran maupun dalam pengembangan sekolah.

     

    4.    Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

    Pihak yang dapat membantu saya di dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual adalah orang-orang yang berfikiran positif yang ada di sekitar saya. Orang-orang dengan pemikiran positif akan senang ketika saya terus belajar dan berusaha maju. Mereka mendukung bahkan turut serta maju dan berkembang bersama karena di dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila saya tidak dapat bekerja sendiri. Saya membutuhkan sebuah support system. Dalam konteks sekolah, support system itu adalah seluruh warga sekolah. Oleh sebab itu saya harus memiliki hubungan yang baik dengan seluruh warga sekolah.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
A highly motivated learner